Pengaruh Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Karyawandi PT. Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda

Authors

  • Maya Fitri Lestari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30650/jem.v13i2.1264

Abstract

Tujuan studi:Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel pelatihan terhadap motivasi kerja karyawan. Analisis ini menggunakan variabel independen (X) yaitu pelatihan  dan variabel dependen (Y) yaitu motivasi kerja karyawan. Objek penelitian yang diambil datanya adalah karyawan di PT Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda.

Metodologi:Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner yang disebar melalui Google Form. Populasi yang ada pada objek adalah 52 orang dan keseluruhan dijadikan sampel berdasarkan Teknik Sampel Jenuh atau Saturation Technic Sample.Teknik analisis yang digunakan adalah uji instrument (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji Normalitas dan uji Heterokedastisitas) dan uji hipotesis (Analisa Regresi Linier Sederhana, uji t dan uji Determinan) dengan tingkat signifikansinya adalah 5% atau 0.05.Metode statistik menggunakan analisa regresi linier sederhana dengan pengujian uji statistik yaitu uji t.

Hasil:Hasil menggunakan analisa Regresi Linier Sederhana adalah pelatihan berpengaruh terhadap motivasi kerja karyawan dengan nilai signifikannya adalah 0.00 lebih kecil dari 0.05.

Manfaat: Bagi karyawan, meningkatkan hasil kinerja dan skill karyawan dalam bekerja yang akan meningkatkan keberhasilan perusahaan. Bagi manajer, hasil penelitian dapat mempengaruhi manajer untuk memberikan pelatihan dalam meningkatkan motivasi yang akan berimbas dari keberhasilan perusahaan tersebut.

Kata Kunci: Pelatihan, Motivasi Kerja, ketrampilan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-11-06

Issue

Section

Management and Business