KEPUASAN KARYAWAN BAA (BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK)

Authors

  • Karina Putri Alamanda Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Dewi Kamaratih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia
  • Hamka Hamka Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Indonesia

Keywords:

Kepuasan Kerja, Karyawan Akademik, Universitas

Abstract

Kepuasan kerja karyawan menjadi isu penting karena lebih lanjut akan mempengaruhi kinerja dan pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kondisi dan tingkat kepuasan karyawan Biro Administrasi Akademik, (2) menemukan faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan Biro Administrasi Akademik. Penelitian dengan metode campuran ini menggunakan pengumpulan data dengan menggunakan Minnesota Satisfaction Questioner sebagai data kuantitaif, wawancara dan observasi sebagai data kualitatif. Purposive sample dilakukan untuk menetapkan subjek penelitian (7 karyawan), yang mewakili kategori kepuasan kerja tinggi, rata-rata dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepuasan kerja karyawan Biro Administrasi Akademik berada pada kategori rata-rata dengan kondisi kepuasan kerja saat karyawan dapat aktif bekerja dan pimpinan terampil mengelola karyawannya, (2) faktor pekerjaan, pimpinan, rekan kerja, promosi, gaji, kondisi kerja, kepuasan konsumen, dan nilai-nilai individual, merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ketika aspek dan faktor yang dinilai penting oleh karyawan terpenuhi, maka karyawan akan merasa puas. Selanjutnya kepuasan dan ketidakpuasan kerja karyawan Biro Administrasi Akademik ditunjukkan dengan memberikan aspirasi, menunjukkan loyalitas, perilaku keluar dari instansi dan pengabaian. Memperhatikan dan mengelola kepuasan kerja karyawan menjadi salah satu yang perlu dilakukan oleh instansi sebagai upaya tercapainya tujuan organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-01-22