Hubungan Stres dengan Terkendalinya Kadar Gula Darah pada Pasien DM Tipe II di Irna RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

Authors

  • Muhammad Dedi Saputra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin

Keywords:

Stres, Terkendalinya kadar gula darah, Diabetes mellitus

Abstract

Tujuan studi: Untuk Mengetahui adanya hubungan stres dengan terkendalinya kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus tipe II instalasi rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian adalah pasien diabetes mellitus tipe II di instalasi rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dengan total responden 90 pasien. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner DASS dan pemeriksaan laboratorium HbA1C. Analisa data menggunakan uji Gamma.

Hasil: Hasil penelitian stres dengan terkendalinya kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe II di instalasi rawat inap didapatkan hasil -Value = 0,000 <  0,05 dengan nilai korelasi (+) 0,909. Maka Ho ditolak sehingga terdapat hubungan antara stres dengan terkendalinya kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus Tipe II di instalasi rawat inap RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Manfaat: Hasil penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi pasien Diabetes Mellitus tipe II untuk mengendalikan kadar gula darah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

> >>