Hubungan antara Pelatihan Proses Keperawatan dengan Pengetahuan Perawat tentang Penerapan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia di RSUD Samarinda

  • Arie Chandra Meidianta Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun
Keywords: Pelatihan, pengetahuan, Standar diagnosis keperawatan Indonesia

Abstract

Tujuan studi :Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status pelatihan proses keperawatan dengan pengetahuan perawat dalam penerapan standar diagnosis keperawatan Indonesia di rumah sakit umum daerah samarinda.

Metodologi :Penelitian ini menggunakan rancangan metode kuantitatif dengan menggunakan desain descriptive correlation. Jumlah sampel yang didapatkan dengan teknik Purposive sampling berjumlah 51 responden.Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, editing, pemberian kode, tabulasi dan penyajian.

Hasil :Hasil penelitian yang menggunakan Fisher Exact menunjukkan bahwa hubungan antara variable independen dengan variable dependen dengan nilai 0.004 (≤ 0.05) yang artinya dapat disimpulkan bahwa status keikutsertaan pelatihan proses keperawatan mempengaruhi pengetahuan perawat tentang penerapan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia.

Manfaat :Hasil peneitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan antara Pelatihan Proses Keperawatan dengan Pengetahuan Perawat tentang Penerapan Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia di RSUD Samarinda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27