Hubungan Sikap Dengan Kepatuhan Vaksinasi Meningitis Jamaah Umrah Di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Samarinda

  • wahida wahida wahida Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • milkhatun milkhatun milkhatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Vaksinasi Meningitis, Sikap, kepatuhan

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan sikap dengan kepatuhan vaksinasi meningitis jamaah umrah di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Samarinda (KKP). Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Consecutive Sampling. Sampel penelitian adalah jamaah umrah yang melakukan vaksinasi di KKPS sebanyak 195 orang. Pengumpulan data didapat melalui pengisian kuesioner oleh jamaah umrah. Analisis data yang digunakan yaitu univariat dengan mencari distribusi frekuensi.

Hasil: Hasil penelitian dengan uji Chi Square menunjukkan nilai p-value 0,000 < 0,05. Dengan hasil Odds Ratio (OR), Diperoleh nilai OR=18,329 (95% CI: 8,940-37,579), artinya jamaah umrah yang memiliki sikap positif berpeluang 18,329 kali lebih patuh dalam melakukan vaksinasi meningitis dari pada responden yang memiliki sikap negatif..

Manfaat: Menurut penelitian seseorang yang memiliki agama yang baik akan memperoleh kehidupan yang lebih baik. Karena agamanyayang tidak baik akan memiliki tujuan hidup yang kurang baik, rasa tidak berharga, tidak dicintai,dan rasa takut mati. Lansia yang spiritualnya baikakan menunjukkan tidak takut mati dan mampu untuk menerima kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27