Hubungan Stigma dengan Kualitas Hidup Keluarga yang Memiliki Anggota Keluarga Skizofrenia di Poliklinik di Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam Samarinda

  • Riza Irfani universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Dwi Rahmah Fitriani
Keywords: Stigma, Kualitas Hidup, Keluarga.

Abstract

Tujuan studi: Mengidentifikasi hubungan Stigma Dengan Kualitas Hidup Keluarga Yang Memiliki Anggota Keluarga Skizofrenia Di Poliklinik Rumah Sakit Jiwa Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metodologi:Jenispenelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan sampel 84 orang keluarga di poliklinik rumah sakit jiwa atma husada mahakam Samarinda.Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling.Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk stigma dan WHOQOL-BREF untuk kuesioner kualitas hidup.Analisis data menggunakan aplikasi Software Komputer.

Hasil:Hasil uji statistik stigma dengan kualitas hidup menggunakan pearson product moment diperoleh p value sebesar 0,421 <╬▒(0,05). Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang bermakna antara stigma dengan kualitas hidup keluarga.

Manfaat:Di harapkan hasil penelitian ini dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, Hasil penelitian ini dapat di jadikan bahan masukan bagi institusi terkait seperti departemen kesehatan, dan  sebagai sarana informasi dan menambah kualitas hidup keluarga tentang gangguan jiwa serta pentingnya dukungan keluarga yang mempunyai anggota keluarga skizofrenia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-13

Most read articles by the same author(s)