Hubungan Pengetahuan Vaksinasi Meningitis Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Vaksinasi Meningitis Jamaah Umrah Di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Samarinda

  • aditya aditya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun
Keywords: Vaksinasi Meningitis, Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Kepatuhan.

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan vaksinasi meningitis dan dukungan keluarga jamaah umrah terhadap kepatuhan vaksinasi meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Samarinda.

Metodologi: Penelitian deskriptif  korelatif dengan desain study cross sectional.Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 195 sampel. Uji normalitas yang digunakan adalah uji Shapiro-wilk. Analisis univariat dan bivariat menggunakan Chi Square.

Hasil: Hasil analisis menggunakan Chi Square menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan terhadap kepatuhan vaksinasi meningitis dengan p-value sebesar 0,002. Serta terdapat hubungan bermakna antara dukungan keluarga terhadap kepatuhan vaksinasi meningitis dengan p-value 0,037.

Manfaat: Memberikan informasi tambahan bagi masyarakat, tenaga kesehatan, dan biro perjalanan umrah dalam hal waktu penyuntikan vaksinasi yang tepat dan faktor yang mempengaruhi kepatuhan jamaah umrah dalam melakukan vaksinasi meningitis, sertaguna informasi tambahan bagi Kantor Kesehatan Pelabuhan Samarinda agar dapat menentukan kebijakan terhadap ketidak patuhan jamaah dalam melakukan vaksinasi jamaah umrah, sehingga pencegahan penyebaran penyakit meningitis lebih dapat dicegah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)