Hubungan Kesehatan Mental Dan Fungsi Kognitif Dengan Kemandirian Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

Authors

  • Syadillah Mursyid Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Faried Rahman Hidayat

Keywords:

Kesehatan Mental, Fungsi Kognitif, Kemandirian Lansia.

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengidentifikasi hubungan kesehatan mental dan fungsi kognitif dengan kemandirian lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Metodologi: Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif  korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Menggunakan sampel 73 orang lansia. Penentuan sampel dengan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner serta di analisis menggunakan aplikasi Software Komputer.

Hasil: Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang bermakna antara kesehatan mental dengan kemandirian lansia dengan nilai p-value sebesar 0,048<α(0,05). Terdapat hubungan bermakna antara fungsi kogniitf dengan kemandirian lansia dengan nilai P 0,001 <α (0.05).

Manfaat: Menambah referensi pengelola PSTW dalam upaya peningkatan pelayanan, dapat menambah wawasan, pengetahuan peneliti tentang hubungan kesehatan mental dan fungsi kognitif dengan kemandirian lansia, Sebagai bahan referensi untuk peneliti lain dalam penelitian ataupun penyusunan skripsi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

> >>