hubungan antara pola asuh orangtua dengan perilaku pencegahan kekerasan seksual di tk al-jawahir samarinda

  • Nur Dina Rahmadhaniah Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Pipit Feriani
Keywords: pola asuh orangtua, perilaku pencegahan kekerasan seksual

Abstract

Latar Belakang : Pola asuh orangtua merupakan satu dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku pencegahan kekerasan seksual namun terkadang pola asuh yang diterapkan belum sepenuhnya diterapkan dengan baik kepada anak sehingga berdampak pada kurangnya perilaku yang orangtua ajarkan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh orangtua dengan perilaku pencegahan kekerasan seksual di TK Al-Jawahir Samarinda.

Metode: Penelitian ini menggunakanĀ  deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel menggunakanTotal Sampling dengan jumlah 79 responden. pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis univariat dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan Chi-Square.

Hasil: Hasil Penelitian ini didapatkan dari 42 orangtua (53,2%) mengatakan memiliki pola asuh baik sebanyak 36 responden (85,7%) memiliki perilaku pencegahan kekerasan seksual yang baik dan 6 responden (14,3%) memiliki perilaku pencegahan yang tidak baik, sedangkan dari 37orangtua (46,8%) menyatakan pola asuh tidak baikĀ  didapatkan bahwa 4 responden (10,8%) memiliki perilaku pencegahan yangbaik dan 33 responden (89,2%) tidak memiliki perilaku pencegahan yang baik.Hasil dari uji statistik menunjukan p-value 0.000<0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Kesimpulan: Ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perilaku pencegahan kekerasan seksual di TK Al-Jawahir Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-27