Hubungan antara Dukungan Informasi Keluarga dengan Depresi pada Pasien Pasca Stroke di PUSKESMAS Remaja Samarinda

  • Mohamad Bayu Kurniawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Thomas Ari Wibowo
Keywords: Dukungan informasi keluarga, Stroke, Depresi pasca Stroke

Abstract

INTISARI

Latar belakang: Stroke merupakan penyakit tidak menular yang prevalansinya terus mengalami peningkatan di dunia, Di indonesia angka kejadian stroke sebanyak 3 juta orang pertahun jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat. Di beberapa negara berkembang terjadinya depresi pascastroke dipengaruhi peran serta dukungan emosional keluarga.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan informasi keluarga dengan depresi pada pasien pascastroke iskemik di Puskesmas Remaja Samarinda tahun 2019.

Metode penelitian: Desain dalam penelitian ini menggunakan Cross Sectional dengan responden berjumlah 33 pasien pascastroke di Puskesmas Remaja. Variabel yang diteliti adalah dukuangan informasi keluarga dan depresi dengan menggunakan kuisioner dan data ini diproses menggunakan uji statistic Sperman Rank.

Hasil penelitian: Hasil analisis hubungan menggunakan uji korelasi Spearman rank didapatkan hasil dengan nilai peluang (0,008) lebih kecil dari nilai signifikan (0,05) yang artinya dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan informasi keluarga dengan depresi pada pasien pascastroke iskemik di Puskesmas Remaja Samarinda tahun 2019.

Kesimpulan: Terdapat hubungan dukungan informasi keluarga dengan depresi pada pasien pascastroke ikemik di Puskesmas Remaja Samarinda tahun 2019.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30