Hubungan Sikap Orang Tua tentang Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dengan Perilaku Pencegahan Kekerasan Seksual Anak di Tk Al-Jawahir Samarinda

  • Elysa Rahma Diana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Pipit Feriani
Keywords: Pendidikan, sikap, kekerasanseksual

Abstract

Tujuan studi: Sikap positif cenderung mendekati sehingga memberikan celah terjadinya kekerasan seksual. Sedangkan sikap negative akan cenderung menjauhi terciptanya kesempatan menjadi korban kekerasan seksual salah satu cara mengatasi pencegahan perilaku kekerasan seksual dengan membimbing dan melindungi anak, orang tua harus di bekali sikap yang memadai khususnya tentang kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara sikap orang tua tentang pendidikan seksual pada anak usia dini dengan perilaku pencegahan kekerasan seksual pada anak di Tk Al-Jawahir Samarinda.

Metodologi: Desain penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif korelasioinal sampel penelitian sebanyak 79 orang tua. Analisis bivariate menggunakan Chi Square.

Hasil: Sikap orang tuaterbanyak di Tk Al-Jawahir Samarinda dengan sikap yang baik sebanyak 52 orang tua (65,8%) dan yang mempunyai sikap tidak baik 27 orang tua (34,2%). Perilaku pencegahan kekerasan seksual anak terbanyak pada orang tua di Tk Al-Jawahir Samarinda perilaku yang baik sebanyak 50 orang tua (63,3%) dan yang tidak baik 29 orang tua (36,7%). Mengidentifikasi hubungan diperoleh variable sikap orang tua dan dari variable perilaku pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini hasil penelitian dengan nilai p-value 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara sikap orang tua terhadap perilaku pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini di TK Al-Jawahir Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini di harapkan dapat memberikan tambahan wawasan di dinas perlindungan anak daerah terhadap pentingnya pencegahan kekerasan seksual anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-27