Hubungan Peran Guru dengan Pengetahuan dan Sikap tentang BUlly pada Remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga

  • Dinda Noviyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • M. Bacthiar Safrudin
Keywords: peran guru, pengetahuan, sikap, bully

Abstract

Tujuan :Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara peran guru dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga.

Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional  dengan jumlah sampel 203 responden . Data diambil menggunakan kuesioner peran guru, pengetahuan dan sikap. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman

Hasil:peran guru dengan pengetahuan nilai r = 0,049 dengan p valeu<0,05 dan pada peran guru dengan sikap nilai r =0,430 p valeu 0.000<0,05.

Manfaat : Sebagai sumber informasi pada siswa agar tidak melakukan perilaku bully kesesama teman sebaya,menambah pengetahuan dan pengalaman peneliti dan dapat dijadikan informasi guru untuk menanganani remaja kasus bully di sekolah dan menerapkan pencegahan serta penanganan kejadian bully yang terjadi disekolah.

Published
2020-01-10