Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)

  • Melly Sekar Tanjung Herlina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azhar Latief
Keywords: inflasi, nilai tukar rupiah, indeks saham syariah indonesia (ISSI)

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode Januari 2013 hingga Desember 2017.

Metodelogi: Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Data yang digunakan berupa data time series periode Januari 2013 hingga Desember 2017 sebanyak 60 data penelitian. Pengujian statistik yang digunakan ialah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 22.

Hasil: Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Inflasi berpengaruh negatif signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Secara simultan Inflasi dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh positif signifikan terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Manfaat : Hasil dari penelitian ini dapat membantu menambah perkembangan ilmu pengetahuan dalam kajian keilmuan dan pekembangan teknologi dan diharapkan penelitian ini dapat menjadi sebagai bahan tambahan dan informasi bagi seseorang yang ingin melakukan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>