Pengaruh Net Operating Margin (Nom) terhadap Return On Asset (Roa) pada Perbankan Syariah Tahun 2013-2017

  • Muhammad Ade Irawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fandi Kharisma
Keywords: Net Operating Margin, Return on Asset, Perbankan Syariah

Abstract

Tujuan studi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Net Operating Margin (NOM) terhadap Return on Assets (ROA) pada perbankan syariah tahun 2013 – 2017.

Metodologi : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan memperoleh data dari laporan keuangan tahunan bank umum syariah yang terdaftar pada Bank Indonesia periode 2013-2017. Jumlah populasi dalam penelitian ini ialah 6 bank umum syariah diantaranya BCA Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, Bukopin Syariah, Mandiri Syariah, dan Muamalat Syariah. Selanjutnya analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 18.

 

Hasil : variabel Net Operating Margin (NOM) memiliki nilai thitung sebesar 2,652. Nilai ini lebih besar dari ttabel 2,048 dan Sig  0,013 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Net Operating Margin (NOM) berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets (ROA) pada perbankan syariah di Indonesia. Besarnya Net Operating Margin (NOM) dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan operasi dikurang dana bagi hasil dikurangi biaya operasional lebih besar dari rata-rata aktiva produktif yang dikelola bank, maka kemungkinan suatu bank dalam kondisi bermasalah semakin kecil.                                               

Manfaat : Diharapkan hasil penelitian ini bisa memberikan kontribusi bagi investor dalam berinvestasi dengan melihat Net Operating Margin (NOM), sebagai bahan pertimbangan keputusan berinvestasi di perusahaan perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>