Hubungan Stigma dan Mekanisme Koping Keluarga pada Anggota Keluarga dengan Gangguan Skizofrenia di Poliklinik di Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Samarinda

Authors

  • Rian Rian Rian Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Rahmah Fitriani

Keywords:

Stigma, Mekanisme Koping, Skizofrenia.

Abstract

Tujuan studi: Mengidentifikasi Hubungan Stigma Dan Mekanisme Koping Keluarga Pada Anggota Keluarga Dengan Gangguan Skizofrenia Di Poliklinik Di Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan sampel 84 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan aplikasi Software Komputer.

Hasil: Hasil  uji  statistik stigma dan mekanisme koing keluarga ada anggota keluarga dengan gangguan Skizofrenia. menggunakan Chi-Square diperoleh p value sebesar 0,002<α(0,05). terdapat hubungan yang bermakna stigma dan mekanisme koing keluarga ada anggota keluarga dengan gangguan Skizofrenia Di Poliklinik Di Rumah Sakit Atma Husada Mahakam Samarinda.

 

Manfaat: Stigma pada skizofrenla dapat mempengaruhi mekanisme koplng dalam mengambil rencana tindakan buruk terhadap skizofrenia missal: seperti deskriminasi. Maka dari itu, sangat penting bagi keluarga untuk memiliki hubungan baik dengan keluarga dan pasien yang lain, saling mengasihi mencintai dan menghargai termasuk kepada orang dengan skizofrenia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-21

Most read articles by the same author(s)

> >>