Hubungan antara Perilaku Budaya dengan Kualitas Hidup Penderita Hipertensi pada Etnis Dayak di Desa Pampang Samarinda

  • Siti Nurbaya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Burhanto Burhanto
Keywords: Kualitas Hidup, Perilaku Budaya, Hipertensi

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku budaya dengan kualitas hidup penderita hipertensi pada Etnis Dayak di Desa Pampang Samarinda.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 60 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan hasil sampel 52 responden. Instrument yang dipakai adalah kuesioner perilaku budays dan kualitas hidup uji statistik menggunakan Chi-Square.

Hasil : Hasil penelitian ini variabel perilaku budaya dengan perilaku budaya didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p value = 0.003 a <0.05. Sedangkan hasil variabel kualitas hidup  didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p value = 0.003 a <0.05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan antara perilaku budaya dengan kualitas hidup penderitan hipertensi pada Etnis Dayak di Desa Pampang Samarinda.

Manfaat:  Sebagai panutan dan refrensi pada peneliti yang akan di teliti berhubungan antara perilaku budaya dengan  kualitas hidup penderita hipertensi pada Etnis Dayak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31