Pengaruh Inflasi Dan Nilai Tukar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • Rinda Safitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: inflasi, nilai tukar, return saham

Abstract

Tujuan studi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat  nilai tukar, inflasi, terhadap retrun saham.

 

Metodologi: Model penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan sub sektor batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 berjumlah 7 perusahaan. Metode penelitian sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel 14 perusahaan yang memenuhi kriteria data penelitian menggunakan metode regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 0,05.

 

Hasil: hasil analisis data dengan menggunakan uji parsial (uji-t) variabel Inflasiberpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien regresi sebesar -0,403 dengan nilai signifikansi 0,300. Nilai Tukarberpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien regresi 0,121 dengan tingkat signifikan 0,070.Price Earning Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien regresi sebesar -0,275 dengan tingkat signifikansi 0,753. Kemampuan variable independen dalam menjelaskan variasi variabel dependen adalah sebesar 22% sisanya sebesar 78% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.

 

Manfaat:Secara Teoristis, Memberikan bukti empiristentang pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar terhadap harhadap harga saham pada perusahaan sub sector batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27

Most read articles by the same author(s)