Hubungan Teman Sebaya dengan Kebiasaan Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri Samarinda

  • Rahman suhada universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih
Keywords: teman sebaya, kebiasaan konsumsi, fast food

Abstract

Tujuan:Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Teman sebaya dengan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji (fast food) pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri Samarinda.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi. Populasi seluruh siswa-siswi di 4 SMA Negeri di Samarinda sebanyak 1.405 siswa.pengambilan sampelĀ  menggunakan teknik stratified random sampling, diambil berdasarkan kriteria inklusi, yaitu siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri Samarinda, menggunakan rumus slovin dengan toleransi kesalahan5%. Sampel penelitian 311 siswa.Pengumpulan melalui wawancara dan kuesioner.

Hasil Penelitian:Hasil penelitian Teman sebaya dengan kebiasaan konsumsi makanan cepat saji dan nilai korelasi sebesar 0,259 menunjukan arah positif dengan kekuatan korelasi rendah.

Manfaat: Sebagai penambah wawasan pengetahuan dan pengalaman dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan untuk mengetahui adanya hubungan antara Teman Sebaya dengan kebiasaan konsumsi fast food

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-23