Pengaruh Leverage Terhadap Profitabilitas Perusahaan Food & Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

  • HENNY WAHYU ANDIKA PUTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
  • Yulia Tri Kusumawati
Keywords: Profitabilitas, Rasio laverage, Perusahaan food and beverages

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian iniAdilakukan untukQmenjelaskan seberapa besar pengaruh Laverage debt to assets ratio (DAR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap return on assets (ROA) secara simultan dan parsial pada perusahaan food And Beverages yang terdaftar di BEI 2013-2017.

Metodelogi: Analisis regresi linier berganda digunakan sebagai alat analisis dengan return on assets (ROA) sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan food And Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2017. Metode sampling yang digunakan adalah metode purposuve sampling dan memperoleh sampel 6 perusahaan dari 18 perusahaan.

Hasil: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel debt to assets ratio (DAR) dan debt to equity ratio (DER) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return on assets (ROA). Secara parsial, debt to assets ratio (DAR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap return on assets (ROA), sedangakn debt to equity ratio (DER) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return on assets (ROA).

Manfaat: Manfaat dalam penelitian ini bagi perusahaan adalah agar perusahaan tersebut mampu mengukur tingkat profitabilitas dan mengelola aktiva dengan baik. Manfaat bagi investor adalah untuk mengetaui sejauh mana perusahaan tersebut dibiyayai oleh hutang, sehingga para pihak investor dapat mengukur kapasitas kemanpuan perusahaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27

Most read articles by the same author(s)