Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia

  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan Studi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan kebijakan dividen secara parsial dan simultan terhadap nilai perusahaan pada Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pada tahun 2013 sampai 2017. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis dengan uji F (uji simultan), uji t (uji parsial), koefisien determinasi dan analisis korelasi dengan tingkat signifikasi 5%.

Metodologi:Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa besar pengaruh ukuran perusahaan dan kebijakan dividen secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan dan kebijakan dividen secara bersama-sama mampu menjelaskan turun naiknya harga saham sebesar 28,7%, sedangkan sisanya sebesar 71,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Hasil:Dalam penelitian ini persamaan regresi linier berganda adalah Y=5,055-0,197X1+0,360X2. Selain itu diketahui pula bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif namun berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan memiliki hubungan negatif (tidak searah). Sedangkan kebijakan dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan memiliki hubungan positif (searah).

Manfaat: Untuk memperoleh ilmu pengetahuan mengenai investasi pada indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan sebagai referensi penelitian di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>