Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Jasa Mutu Mineral Indonesia Di Samarinda

  • Mahdalena Mahdalena Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Suwoko Suwoko
Keywords: Gaya kepemimpinan Partisipatif, Produktivitas Kerja

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan Partisipatif terhadap produktivitas kerja pada PT. Jasa Mutu Mineral Indonesia di Samarinda .

Metodologi: Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada 79 karyawan .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan bantuan SPSS 22. Teknik sampling yang dipakai adalah metode kuesioner dan teknik pengujian data digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi liner sederhana, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian.

Hasil: Hasil penelitian dengan menggunakan analisis rentang skala dan regresi linier sederhana yang telah dilakukan dapat menyimpulkan bahwa pengaruh positif antara gaya kepemimpinan Partisipatif terhadap produktivitas kerja, itu berarti bahwa hipotesis yang diajukan mendapat dukungan / dapat diterima dan konsisten. Dengan kata lain kepemimpinan partisipatif berpengaruh positif signifikan dengan produktivitas kerja. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah: perusahaan harus melakukan pengembangan pekerjaan di masa depan yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan partisipatif dan Produktivitas Kerja. Dan melakukan pengembangan sesuai dengan standart yang berlaku serta menginovasi agar terciptanya Produktivitas kerja yang lebih maksimal dalam memenuhi kesejahteraan perusahaan.

Manfaat: Bagi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, sebagai tambahan wawasan mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur serta menjadi reverensi untuk penelitian dalam topik yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-10

Most read articles by the same author(s)