Hubungan Usia, Jenis Kelamin, Aktivitas Fisik terhadap Depresi pada Lansia di Samarinda

  • Miftaachul Muharrom Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mukripah Damaiyanti
Keywords: Usia, Jenis Kelamin, Aktivitas Fisik, Depresi Lansia

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui  hubungan usia, jenis kelamin,aktivitas fisik terhadap depresi pada lansia di Samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan rumus Cohran’s didapatkan jumlah sampel 295 orang usia dari 60 tahun,  pengambilan data pada Juni - Juli 2019 di Samarinda , Kuisioner dalam penelitian ini menggunakan Geriatry Depression Scale ( GDS ) untuk mengukur depresi pada lansia serta Kuisioner demografi responden untuk mengukur usia, jenis kelamin, serta aktivitas fisik data yang dikumpulkan kemudian di Analisa dengan Chi-square .

Hasil: Hasil penelitian menggunakan Chi-Square. di dapatkan nilai p-value untuk jenis kelamin 0,03 (p<0.05), usia 526 (p>0.05),  dan untuk aktivitas fisik 559 (p<0.05), menunjukkan ada hubungan antara jenis kelamin terhadap depresi sedangkan pada usia dan  akivitas fisik tidak ada hubungan bermakna terhadap depresi pada lansia di Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam meningkatkan  ilmu pengetahuan di bidang kesehatan khususnya tentang hubungan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik  terhadap lansia. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31