Hubungan Manajemen Diri (Self Management) dengan Peran Diri pada Pasien Diabetes Mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Samarinda

Authors

  • Sri Novika Adiatma Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitroh Asriyadi

Keywords:

Manajemen Diri, Peran Diri, Diabetes Mellitus

Abstract

Tujuan Studi:  Manajemen diri merupakan tindakan yang dilakukan oleh penderita untuk mengontrol penyakit diabetes mellitus meliputi tindakan pengobatan dan pencegahan komplikasi, beberapa dampak fisik dan psikologis akan muncul apabila manajemen diri tidak dilakukan, salah satu dampak psikologis adalah perubahan peran diri pasien tersebut.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan uji analisis data menggunakan Chi-Square dengan. metode penelitian cross sectional dan jumlah sampel pada penelitian sebanyak 70 orang.

Hasil: hasil uji statistic diperoleh nilai p=0.001 (<0.05) sehingga Ho ditolak, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan manajemen diri (self management) dengan peran diri pada pasien diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Samarinda.
Manfaat: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan manajemen diri (self management) dengan peran diri pada pasien diabetes mellitus di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Samarinda.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-27

Most read articles by the same author(s)