Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Penggunaan Terapi Bekam di Klinik Cendana Herbal Samarinda

  • Nur Wahyu Ikmal Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andri Praja Satria
Keywords: terapi, bekam, tingkat pengetahuan.

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan penggunaan terapi bekam di Klinik Cendana Herbal Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif correlation dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik purposive samplingdengan jumlah sampel sebanyak 66 responden. Uji statistik menggunakan Rank Spearman karena penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara skala data ordinal.Analisis univariat dan bivariat menggunakan Chi Square.

Hasil:hasil uji analisis Uji Korelasi Gamma menggunakan software IBM SPSS Statistic 24 untuk mengolah data, didapatkan bahwa pada variabel penggunaan terapi bekam nilai p value 0,000 < 0,05, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna pada penggunaan terapi bekam dengan tingkat pengetahuan. Nilai signifikan dari hasil uji didapatkan 0,000 <0,05 dengan korelasi sebesar 0,728, menunjukkan bahwa kekuatan pada korelasi kuat dan korelasi menunjukkan arah positif.

Manfaat: Menjadi referensi terapi pengobatan dan diharapkan bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang terapi bekam yang nantinya mungkin akan ditemukan manfaat lainnya dari terapi bekam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31