Hubungan Sikap Dengan Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Pencegahan Pasien Jatuh Di Rumah Sakit Umum Milik Daerah Samarinda 2019

  • Irvan Efendi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Milkhatun Milkhatun
Keywords: sikap, kepatuhan perawat, pencegahan pasien jatuh

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan antara sikap dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan pencegahan pasien jatuh di rumah sakit umum milik pemerintah daerah samarinda 2019.

Metodologi: Jenis penelitian ini Deskriptif dengan pendekatan Cross-Sectional. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan jumlah 51 perawat . Pengambilan data januari 2018. Kuisioner yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kuesioner sikap untuk mengukur tingkat sikap perawat positif atau negatif.

Hasil: dengan analisis univariat didapatkan sikap positif perawat berjumlah 47 (92.2%), negatif berjumlah 4 (7.8%), sedangkan yang patuh berjumlah 35 (70.6%) dan tidak patuh berjumlah 15 (29.4%) perawat. Hasil analisis bivariat menggunakan uji fisher exact dengan nilai p value yaitu 0.017 < α 0.050 yaitu ada hubungan antara sikap dengan kepatuhan perawat dalam pelaksanaan pencegahan pasien jatuh di rumah sakit umum milik daerah. Dapat disimpulkan bahwa kepatuhan perawat dalam pelaksanaan pencegahan pasien jatuh dipengaruhi oleh faktor sikap perawat.

Manfaat: Penelitian ini dapat diterapkan menjadi bahan referensi dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dibidang kesehatan terutama bagi perawat dan mahasiswa keperawatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)