Pengaruh Pelatihan Terhadap Komitmen Kerja Karyawaan Di PT. Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda

  • Denni Nugroho Endra Maryanto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sofia Ulfa Eka Hadiyanti
Keywords: Pelatihan Kerja, Komitmen Kerja

Abstract

Tujuan Studi: Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui adanya pengaruh pelatihan terhadap komitmen karyawan di PT Harmoni Mitra Utama.

Metodologi: Populasi dalam penelitian ini adalah 52 karywan PT Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah  teknik non-probabilitysampling (teknik pengambilan sample tidak secara acak). Teknik pengumpulan data yang digunaka ialah kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana uji asumsi klasik, dan uji T.

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah dilakukan, maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh antara pelatihan terhadap komitmen kerja karyawan di PT Harmoni Mitra Utama Cabang Samarinda, yaitu terdapat pengaruh signifikan antara pelatihan terhadap komitmen kerja karyawan, hal ini di tunjukan pada uji hepotesis yang hasilnya tedapat nilai . Pelatihan juga dapat meningkatkan level kreatifittas karyawaan menjadi suatu nilai tambah dalam hal mewujudkan tanggung jawab besar dan menjawab tantangan pekerjaan.

Manfaat: Manfaat teoritis hasil dari penelitian ini akan menjadi landasan dalam pengembangan media pembelajaran atau penerapan media pembelajaran secara lebih lanjut. Selain itu juga menjadi sebuah nilai tambah khasanah pengetahuan ilmiah dalam bidang pendidikan di Indonesia. Manfaat praktis bagi karyawan, hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan hasil kinerja dan skill karyawan dalam bekerja yang akan meningkatkan keberhasilan perusahaan bagi manajer, hasil penelitian diharapkan dapat mempengaruhi manajer untuk memberikan pelatihan dalam meningkatkan motivasi yang akan berimbas dari keberhasilan perusahaan tersebut. Bagi peneliti, peneliti mempu menerapkan media yang sesuai dalam materi pembelajaran tertentu serta peneliti mempunyai pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan media pembelajaran yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31