Mindcast: Mindfulness Podcast Meningkatkan Mindfulness pada Burn-Out millennial Generation

  • Adjie Pratama Wahyudi Universitas Mulawarman
Keywords: Burn-out, Millenial, Mindcast, Podcast

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas treatment mindcast(mindfulness podcast) berupa media podcast pada generasi milenial yang mengalami burn-out.

Metodologi : Sampel penelitian ini sebanyak 34 subjek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan desain yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada peningkatan mindfulness pada burn-outmillennial generation setelah diberi treatment mindcast dengan nilai p = 0,000(p < 0,05); t hitung sebesar -4,870 (> t tabel = 2,037). (2) Ada penurunan tingkat burn-out pada burn-outmillennial generation setelah diberi treatment mindcast dengan nilai p = 0,000(p < 0,05); t hitung sebesar 3,905 (> t tabel = 2,037). Alat ukur yang digunakan menggunakan skala burn-outyang dirancang sendiri oleh peneliti dan skala mindfulness berupa Five Facet Mindfulness Questionnaire (FFMQ) dengan skala model likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji normalitas dan uji t-test bantuan program SPSS 25.0 for windows 8.

Manfaat : Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pemberian treatment dapat dilakukan dengan media podcast, terutama pada generasi milenial yang mengalami burn-out

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31