Pengaruh Non Performing Finance terhadap Return On Asset pada Perbankan Syariah Periode 2013 - 2017

  • Sutanti Sutanti universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Fandi Kharisma
Keywords: npf, roa, bank syariah

Abstract

Tujuan Studi : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non-Performing Finance (NPF)  terhadap Return On Assets (ROA) berdasarkan hasil analisis bertujuan untuk mengetahui apakah Non-Performing Finance (NPF)  berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA) pada perbankan syariah tahun 2013-2017.

Metodologi: Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perbankan syariah yang ada di Indonesia yang terdaftar di Bank Indonesia. pendekatan  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan uraian diatas jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian deskriptif digunakan untuk mengetahui nilai variabel mandiri. Objek dalam penelitian adalah  Bank Syariah yang menerbitkan Laporan Keuangan di Bank Indonesia dan diperoleh sample sebanyak 6 bank umum syariah. Periode pengamatan dalam penelitian ini adalah selama lima tahun yaitu 2013-2017.

Hasil: Berdasarkan hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa pengaruh Non-Performing Finance (NPF)  Tidak signifikan terhadap return on Asset.

Manfaat: Perbankan adalah salah satu sektor usaha yang mendominasi perkonomian Indonesia makadiperlukan kajian yang mendalam mengenai perbankan di Indonesia, salahsatunya adalah pengaruh non-Performing finance dalam kajian perbankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>