Hubungan Kondisi Lingkungan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Rt 08, 13 dan 14 Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang 2019

  • Niswatul Mukaramah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Marjan Wahyuni
Keywords: kondisi lingkungan, stunting, balita

Abstract

Tujuan Studi : Stunting yaitu keadaan yang menggambarkan tentang status gizi seseorang berdasarkan penilaian tinggi badan menurut umur pada indeks PB/U atau TB/U dimana standar antropometri penilaian status gizi anak, hasil pengukuran berada pada ambang batas (Z-Score) <-2 SD sampai dengan -3 SD (pendek/ stunted) dan <-3 SD (sangat pendek/severely stunted). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kondisi lingkungan dengan kejadian stunting pada balita di RT 08, 13, dan 14 Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang 2019.

Metodologi : Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain Cross sectional yang akan dianalisis dengan menggunakan uji Chi-Square.

Hasil : Uji Chi-Square yang diperoleh dengan nilai p-value sebesar 0,005, yang berarti terdapat hubungan antara kondisi lingkungan dengan kejadian stunting pada balita di RT 08, 13 dan 14 Kelurahan Mesjid Kecamatan Samarinda Seberang 2019.

Manfaat : Bagi masyarakat lebih memperhatikan kondisi lingkungan yang ada disekeliling rumah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan rumah agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat