Pengaruh Media Booklet terhadap Perilaku Berhenti Merokok Pada Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Budi Setiyawan universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Sri sunarti
Keywords: booklet, perilaku berhenti merokok, pengetahuan, sikap, dan tindakan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Booklet Terhadap Perilaku Berhenti Merokok Pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pre-test and post-test with control group design. Sampel penelitian sebanyak 36 responden yang dipilih menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate stratified random sampling.

Hasil: Adanya pengaruh pemberian media booklet yang diberikan selama 1 bulan pada pengetahuan, sikap dan tindakan, yaitu : pengetahaun (0.000), sikap (0,000), tindakan (0,000). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak adanya pengaruh yang signifikan pada pengetahuan, sikap dan tindakan, yaitu : Pengetahuan (0,290), sikap (0,120) dan tindakan (0,920.

Manfaat: Menjadikan penelitian ini sebagai penambah wawasan baik itu pengetahuan, sikap maupun tindakan serta menjadikan bahan renungan bahayanya kebiasaan merokok bagi kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)