Pengaruh Media Booklet terhadap Perilaku Berhenti Merokok Pada Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Authors

  • Budi Setiyawan universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Sri sunarti

Keywords:

booklet, perilaku berhenti merokok, pengetahuan, sikap, dan tindakan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Booklet Terhadap Perilaku Berhenti Merokok Pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pre-test and post-test with control group design. Sampel penelitian sebanyak 36 responden yang dipilih menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate stratified random sampling.

Hasil: Adanya pengaruh pemberian media booklet yang diberikan selama 1 bulan pada pengetahuan, sikap dan tindakan, yaitu : pengetahaun (0.000), sikap (0,000), tindakan (0,000). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak adanya pengaruh yang signifikan pada pengetahuan, sikap dan tindakan, yaitu : Pengetahuan (0,290), sikap (0,120) dan tindakan (0,920.

Manfaat: Menjadikan penelitian ini sebagai penambah wawasan baik itu pengetahuan, sikap maupun tindakan serta menjadikan bahan renungan bahayanya kebiasaan merokok bagi kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-30

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>