Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Perilaku Merokok Pada Remaja di SMP Negeri 29 Samarinda

  • Nia Amelia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Sunarti
Keywords: Dukungan Teman Sebaya, Perilaku Merokok, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kota Samarinda pada tahun 2017 menyebutkan bahwa jumlah perokok siswa SMP yang ada di kota Samarinda mencapai 29.69% dan merupakan jumlah tertinggi dari jumlah perokok yang ada pada domain yang lainnya. Wilayah kerja puskesmas bengkuring memiliki cakupan PHBS pada indikator tidak merokok dalam rumah masih rendah yaitu sebesar 39.5%.SMP Negeri 29 merupakan salah satu sekolah yang ada di wilayah Bengkuring dan secara geografis memiliki letak bangunan yang dapat memudahkan siswa dalam mengakses rokok, selain itu SMP Negeri 29 juga belum menerapkan KTR sehingga siswa memiliki potensi untuk merokok lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan perilaku merokok dimana dalam perilaku terdapat 3 domain diantaranya pengetahuan, sikap dan tindakan.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dengan jumlah sampel 49 responden yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dukungan teman sebaya dengan perilaku merokok remaja yang dianalisis menggunakan metode chi square.

Hasil: Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu tidak ada hubungan antara dukungan teman sebaya dengan pengetahuan dengan p-value sebesar 0.449, tidak ada hubungan antara dukungan teman sebaya dengan sikap dengan p-value sebesar 0.1, kemudian tidak ada hubungan antara dukungan teman sebaya dengan tindakan dengan p-value sebesar 0.660.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk advokasi berbagai bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pencegahan dan penanggulangan perilaku merokok pada remaja baik di SMP Negeri 29 Samarinda maupun di instansi pendidikan lainnya di Samarinda.

Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat