Pengaruh Metode Konseling Terhadap Perilaku Berhenti Merokok Pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Sumiati Sumiati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sri Sunarti
Keywords: konseling, perilaku berhenti merokok

Abstract

Tujuan Studi: Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Konseling Terhadap Perilaku Berhenti Merokok Pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pre-test post-test with control group design. Penelitian eksperimen dilakukan di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sedangkan untuk kontrol dilakukan di Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Sampel penelitian sebanyak 36 responden yang dipilih menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate stratified random sampling.

Hasil: Pada kelompok eksperimen didapatkan hasil selisih mean pre-test post-test pengetahuan yaitu 0.50, sikap 5.92 dan tindakan 1.17, sehingga terdapat peningkatan setelah diberikan perlakuan. Sedangkan kelompok kontrol didapatkan hasil selisih mean pre-test post-test pengetahuan yaitu 0.39, sikap 1.39 dan tindakan 0.22. Sehingga ada perbedaan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dan nilai yang didapatkan tidak signifikan.

Manfaat: Hasil penelitian ini bisa dimanfaatkan menjadi sumber referensi dan sebagai bahan bacaan yang dapat menambah wawasan pembaca tentang perilaku merokok.

 

Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat