Peran Media Murottal Qur'an terhadapa Penurunan Stres pada Lansia di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda Tahun 2019

  • Siti Rahmawati Pebruari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nida Amalia
Keywords: Murottal Qur'an, Stres, Lansia di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda Tahun 2019

Abstract

Tujuan studi:Seiring bertambahnya waktu jumlah populasi lansia dunia diperkirakan akan meningkat sebanyak 80 % di tahun 2050. Semakin meningkatnya populasi lansia maka resiko mengalami stres juga akan meningkat. Lansia biasanya sulit untuk melakukakan aktifitas seperti biasanya dikarenakan kemampuan tubuh yang semakin menurun. Pengertian stress sendiri adalah keadaan cemas berlebihan dimana seseorang sudah merasa tidak mampu untuk menanggung beban atau masalah yang dihadapi. Salah satu terapi farmakologi yang dapat mengatasi stres adalah mendengarkan murotal qur’an yang menimbulkan efek rileks dan menurunkan hormon stres.

Metodologi:Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Dimana peneliti menggunakan sampel sebanyak sembilan informan. Untuk memperoleh informasi peneliti menggunakan metode wawancara mendalam (Guidline Indepth Interview).

Hasil:Hasil penelitian berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh penelitimenunjukkan bahwa informan mengerti dan memahami stres. Beberapa informan memaparkan beberapa faktor penyebab terjadinya stres pada lansia dan mengatakan mengalami dampak yang sangat positif setelah mendengarkan murottal qur’an. Kesimpulan penelitianyaitu terdapat dua faktor penyebab terjadinya stres pada lansia. Dua faktor tersebut adalahfaktor yang berasal dari individu lansia(faktor internal) dan faktor yang bersumber dari lingkungan, komunitas atau masyarakat sekitar. Kemudian Murottal qur’an terbukti memiliki peran dan dampak yang sangat positif dalam menurunkan stres pada lansia.

Manfaat:Manfaat dari penelitian ini adalah menngetahui bagaimana peran media murottal qur’an terhadap stres pada lansia di UPTD Panti Sosial Trena Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat