Peran Petugas Kesehatan Terhadap Pemakaian Kontrasepsi Pada Pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) Di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda

  • Hesti Cahya Ningrum Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Niken Agus Tianingrum
Keywords: Peran Petugas Kesehan, Pekerja Tempat Hiburan Malam (THM), Kontrasepsi

Abstract

Tujuan Studi: Kontrasepsi adalah alat bantu dan mencegah penularan penyakit seksual. Pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) rentan terdampak Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan Infeksi Menular Seksual (IMS). Hal tersebut diketahui selain memandu karaoke juga melayani jasa seksual. Peran petugas diperlukan untuk memaksimalkan pemakaian kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan peran petugas kesehatan dengan pemakaian kontrasepsi pada wanita pekerja THM di wilayah kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional, populasinya adalah seluruh wanita pekerja (THM) menggunakab teknik total sampling sebanyak 118 responden dengan analisis Fisher’ Exact Test, variabel independennya adalah peran petugas kesehatan.

Hasil: Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 97,5% pekerja (THM) menggunakan kontrasepsi namun tidak ada hubungan antara peran petugas dengan pemakaian kontrasepsi (P= 0,244>0,05).

Manfaat: Diharapkan penelitian selanjutnya dalam mengidentifikasi peran lain selain petugas kesehatan yang mampu menguatkan pekerja Tempat Hiburan Malam (THM) dalam pemakaian kontrasepsi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)