Hubungan Stres Kerja Dengan Kelelahan Kerja Pada Petugas Pemadam Kebakaran Di Kota Samarinda

Authors

  • Zelviana Zelviana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto

Keywords:

stres kerja, kelelahan kerja, petugas pemadam kebakaran

Abstract

Tujuan Studi: Kelelahan merupakan permasalahan umum yang sering dijumpai pada tenaga kerja. Salah satu faktor yang menyebabkan dari kelelahan kerja yaitu stres kerja. Stres merupakan ketegangan atau tekanan emosional yang dialami seseorang yang sedang menghadapi tuntutan yang sangat besar. Stres yang dialami pada petugas pemadam kebakaran senantiasa dihadapkan pada tuntutan pekerjaan yang tinggi, tanggung jawab yang besar serta keharusan  untuk bekerja secara cepat, akurat pada situasi yang kritis dan berbahaya. Tujuan Penelitian ini untuk Mengetahui hubungan stres kerja dengan kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di Kota Samarinda.

Metodologi: Rancangan penelitian  menggunakan desain cross sectional. Dengan sampel sebanyak 129 orang.

Hasil: Hasil perhitungan Chi-Square  dengan nilai Pvalue sebesar 0.162 menunjukkan tidak ada hubungan antara stres kerja dengan kelelahan kerja.

Manfaat: bagi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda yaitu diharapkan bisa lebih mengoptimalkan pelatihan-pelatihan, instruksi dan pengawasan kepada pekerja dalam hal perlindungan Keselamatan dan kesehatan Kerja, memberikan jaminan asuransi kepada petugas agar lebih terjamin, dan memberikan refresing kepada petugas agar bisa mengurangi kelelahan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>