Peran Keluarga dalam Pengendalian Stres pada Lansia di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

  • Yumaniar Oktaviani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nida Amalia
Keywords: Peran Keluarga, Pengendalian Stres, Lansia

Abstract

Tujuan Studi: untuk mengetahui peran keluarga secara sosial ekonomi dalam pengendalian stres pada lansia di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Metode: jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Informan yang digunakan sebanyak delapan orang, dengan metode wawancara mendalam.

Hasil: hasil penelitian menyatakan bahwa persepsi informan terhadap peran keluarga sangat baik, sikap dalam pengendalian stres pada lansia dan peran keluarga dalam pengendalian stres pada lansia memberikan dampak yang baik bagi lansia. Dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari perhatian, kesehatan hinggan masalah ekonomi para lansia .

Manfaat: Menjadikan kegiatan penelitian ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengalaman dalam upaya pelaksanaan program penelitian kesehatan mengenai peran keluarga dalam pengendalian stres pada lansia.Menjadikan kegiatan dan hasil penelitian sebagai bahan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan penelitian mengenai peran keluarga dalam pengendalian stres pada lansia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)