Hubungan Faktor Psikososial dengan Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Primipara di Kelurahan Tenun Kota Samarinda

  • Lisa Rosalina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Deddy Alif Utama
Keywords: ASI eksklusif, ibu primipara, faktor psikososial

Abstract

Tujuan studi : Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan faktor psikososial dengan pemberian asi eksklusif pada ibu primipara di Kelurahan Tenun Kota Samarinda

Metodologi : Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, analisa data menggunakan uji chi-square. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh ibu primipara yang memiliki bayi usia 6 – 11 bulan 29 hari yang berdomisili di wilayah Kelurahan Tenun Kota Samarinda dengan jumlah 35 responden.

Hasil : Tidak ada hubungan antara dukungan suami dan dukungan keluarga dengan pemberian ASI eksklusif pada ibu primipara. Namun pada dukungan petugas kesehatan dengan pemberian ASI Eksklusif menunjukkan ada hubungan yang signifikan.

Manfaat : Dapat digunakan untuk menggambarkan pemberian ASI eksklusif khususnya pada ibu Primipara dan sebagai sarana untuk menyusun strategi yang tepat dalam meningkatkan Pemberian ASI eksklusif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat