Hubungan Jenis Kelamin Dan Status Imunisasi Dengan Kejadian Campak Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran

  • Ratna Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi daramusseng
Keywords: Jenis Kelamin, Imunisasi, Campak

Abstract

Tujuan Studi : dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui hubungan jenis kelamin dan status imunisasi dengan kejadian campak pada balita di wilayah kerja puskesmas palaran.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectiona dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Systematic Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuensioner.

Hasil: penelitian diperoleh tidakterdapat Hubungan Jenis Kelamin dengan Risiko Kejadian Campak pada balita di wilayah kerja puskesmas palaran dengan nilaip-valuesebesar 0.815 (PR 1.211;95% CI 0.554-2.649). Tidak terdapatHubungan Status Imunisasi dengan Risiko Kejadian Campak pada balita di wilayah kerja puskesmas palaran dengannilaip-value1.000 (PR1.200;95%CI= 4.00-3.598).

Manfaat: Menjadikan kegiatan penelitian ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengalaman dalam upaya pelaksanaan program penelitian kesehatan mengenai peran keluarga dalam mengetahui hubungan jenis kelamin dan status imunisasi dengan kejadian campak pada balita di wilayah kerja puskesmas palaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31
Section
Kesehatan Masyarakat