Hubungan Status Ekonomi Dan Kepadatan Hunian Dengan Resiko Kejadian Campak Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran

  • Yuni Anggreani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andi Daramusseng
Keywords: status, ekonomi, kepadatan, hunian, campak

Abstract

Tujuan: penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status ekonomi dan kepadatan hunian dengan risiko kejadian campak pada balita diwilayah kerja Puskesmas Palaran.

Metode: yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sctional. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling yaitu diambil dari umur 1 sampai 5 tahun dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan  dengan cara wawancara menggunakan kuesioner dengan uji statistik menggunakan uji chi square.

Hasil: uji statistik diperoleh tidak ada hubungan antara status ekonomi dengan risiko kejadian campak pada balita di wilayah kerja Puskesmas Palaran dengan nilai p= 0,052 (PR=2,596; 95%CI 1.035-6.515). Tidak ada hubungan kepadatan hunian  dengan risiko kejadian campak pada balita di wilayah kerja Puskesmas Palaran dengan nilai p= 0,583 (PR=2,596; 95% (1.035-6.515).

Manfaat : Bagi responden di wilayah Kerja Puskesmas Palaran diharapkan bagi orang tua responden khususnya diwilayah kerja puaskesmas palaran agar membawa anaknya untuk imunisasi sebanyak 3 kali pada usia anak 9 bulan, 2 tahun dan usia 5 tahun. Bagi Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur. Diharapkan hsil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi mahasiswa Universotas Muhammadiyah kalimantan Timur, Bagi instansi di puskesmas Palaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat