hubungan perilaku berisiko dengan Road Traffic Accident (Studi Pada Siswa SMA N 8 Samarinda)

  • Novi Dian Lestari Universitas Muhammadiyah kalimantan Timur
  • kresna Febriyanto
Keywords: perilaku berisiko, road traffic accident, siswa SMA

Abstract

Tujuan studi: Road Traffic Accident merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang dapat mempengaruhi semua sektor dalam kehidupan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perilaku berisiko dengan kejadian Road Traffic Accident pada siswa SMA N 8 Samarinda tahun 2019.

Metodologi: Desain penelitian ini yaitu cross sectional dengan jumlah 140 responden di SMA N 8 Samarinda. Pengambilan sampel mengunakan teknik simple random sampling dan uji statistik menggunakan uji Chi Square.

Hasil: Mayoritas siswa SMA N 8 memiliki perilaku berisiko dengan persentase sebesar 53.6% sedangkan yang mengalami Road Traffic Accident yaitu 63.3% sebagian besar mengalami kecacatan berat dengan persentase sebesar 25.7%. Didapatkan hasil antara perilaku berisiko dengan Road Traffic Accident  bahwa terdapat hubungan antara perilaku berisiko dengan Road Traffic Accident dengan nilai P-Value<α (0.000 < 0.05).

Manfaat: Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat mengurangi angka Road Traffic Accident khususnya pada remaja, remaja merupakan asset bangsa yang memiliki masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)