Hubungan Beliefs dengan Pemakaian Kontrasepsi pada Tempat Hiburan Malam di Wilayah Kerja PUSKESMAS Harapan Baru Kota Samarinda

  • Dilla Erfianti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Niken Agus Tianingrum
Keywords: beliefs, pemakaian kontrasepsi, pekerja tempat hibguran malam

Abstract

Tujuan Studi: untuk mengetahui hubungan beliefs dengan pemakaian kontrasepsi pada pekerja di tempat hiburan malam di wilayah kerja puskesmas Harapan Baru Kota Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan studi cross sectional. Variabel Indenpenden yaitu beliefs dengan variabel dependent yaitu pemakaian kontrasepsi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan observasi dan pengumpulan data. Tempat peneltian dilakukan di wilayah kerja puskesmas Harapan Baru Kota Samarinda dengan waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih 1 bulan.

Hasil: Hasil uji spearman-rhoyang telah dilakukan memperoleh nilai p-valueyaitu sebesar 0.77 dimana nilai tersebut lebih besar taraf siginifikan yaitu 0.05 dimana tidak ada hubungan kepercayaan dengan kontrasepsi sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan beliefs pada pemakaian kontrasepsi di tempat hiburan malam (THM).

Manfaat : Diharapkan ada penelitian secara kualitatif yang menganalisis tentang Self Efficacy terhadap penggunaan kontrasepsi pada pekerja di tempat hiburan malam yang memiliki motivasi tinggi untuk selalu menggunakan kontrasepsi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)