Pengaruh Mendengarkan Terapy Shalawat Terhadap Penurunan Stress Pada Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

  • Sudirman Sudirman Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nida amalia
Keywords: stress, lansia, panti sosial

Abstract

Latar belakang Stres merupakan tekanan yang tidak bisa diatasi lansia. Salah satu terapi non farmakologi yang dapat mengatasi stres adalah mendengarkan Shalawat Nabi yang menimbulkan efek rileks dan menurunkan hormon stres.

Metode penelitian ini Pre Experimentone group pretest-posttest design. Populasi adalah seluruh lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda sejumlah 96 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 16 orang. .Instrumen yang digunakan  adalah kuesioner yang telah baku yaitu Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42).

Hasil penelitian dengan menggunakan uji paired sample t test maka didapatkan  hasil  skor Skala Stres mean pre 27,19 dan mean post 15,63 dengan selisih mean sebesar 11,56 dan hasil nilai p = 0,000 dengan  α = 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah intervensi.

Kesimpulan penelitian Menggunakan uji paired sample t test maka didapatkan hasil nilai p = 0,000 dengan ini yaitu terdapat pengaruh signifikan penurunan tingkat stress pada lansia (P-value<0,05) setelah mendengarkan Shalawat  di panti Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Manfaaf hasil penelitian ini bisa digunakan untuk data dasar untuk acuan dan pedoman dalam melakukan penelitian selanjutnya dan juga sebagai sumber referensi. Bagi Peneliti Selanjutnya Pada peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mencari terapi yang berbeda serta faktor-faktor pendukung lainnya yang dapat mempengaruhi penurunan stress pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
Section
Kesehatan Masyarakat