Hubungan Dukungan Keluarga dan Dukungan Petugas Kesehatan dengan Motivasi Pulih Klien di Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah

Authors

  • Ninik Nurkasanah Universitas Kalimantan Timur
  • Ghozali Mohammad Hasim

Keywords:

dukungan keluarga, dukungan petugas kesehatan, motivasi pulih

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan dukungan petugas kesehatan dengan motivasi pulih klien di Balai Rehabilitasi.

Metodologi: Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode cross sectional dengan uji statistic hipotesis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Jumlah responden yang diteliti yaitu sebanyak 50 klien primary di Balai Rehabilitasi.

Hasil: Hasil analisis yang didapatkan pada variable dukungan keluarga menunjukkan p-value 0,109 (> 0,05) dengan nilai person (r) 0,229 sehingga tidak terdapat hubungan yang berarti antara dukungan keluarga dengan motivasi pulih. Hasil analisis yang didapatkan pada variable dukungan petugas kesehatan menunjukkan p-value0,001 (< 0,05) dengan nilai person (r) 0,451 yang artinya terdapat hubungan antara dukungan petugas kesehatan dengan motivasi pulih.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan acuan untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat