Hubungan tingkat pengetahuan dan status pekerjaan ibu dengan deteksi dini ADHD pada anak usia 5-7 tahun studi di Puskesmas Air Putih Samarinda

  • Taufik Ardianto Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari
Keywords: pengetahuan, status pekerjaan, ADHD

Abstract

Tujuan Penelitian : penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan tingkat pengetahuan dan status pekerjaan ibu dengan deteksi dini ADHD pada anak usia 5-7 tahun studi di Puskesmas Air Putih Samarinda.

Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 130 responden yang dipilih menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket hubungan tingkat penegetahuan dan status pekerjaan dengan deteksi dini ADHD.

Hasil : Hasil penelitian menujukan tidak ada hubungan tingkat pengetahuan dengan deteksi diniADHD dengan nilai P Value 0.788. dan tidak ada hubungan status pekerjaan ibu dengan deteksi dini ADHD dengan nilai P Value sebesar 0.952

Manfaat : Pemberian edukasi kepada orang tua  tentang ADHD perlu ditingkatkan pencarian informasi terkait hal tersebut dengan penggunaan media internet, berbicara dengan para ahli dapat menjadi pilihan orang tua untuk dapat selalu memahami terkait perkembangana anak.

 

Published
2020-01-09
Section
Kesehatan Masyarakat