Peran Media Shalawat Dalam Pengendalian Stres Pada Lansia Di UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

  • Nurul Azlinda Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nida Amalia
Keywords: shalawat, stres, lansia, UPTD, Panti, sosial

Abstract

Tujuan Studi : Kelompok lanjut usia rentan terkena berbagai penyakit fisik karena menurunya fungsi fisiologis pada tubuh sehingga lansia memiliki keterbatasan fisik bagi lansia yang tidak siap menghadapi masa tuanya.masalah kesehatan yang sering dihadapi lansia pada umumnya adalah kesepian, perasaan tidak berguna, kecemasan hingga menyebabkan stres pada lansia. Stres ialah suatu tekanan yang tidak bisa diatasi oleh lansia.Salah satu upayamengatasi stres yaitu mendengarkan shalawat yang dapat menimbulkan efek rileks dan menurunkan hormon stres. Tujuan studi ini ialah intuk mengetahui peranan media shalawat dalam pengendalian stres pada lansia di UPTD panti sosial tresna werdha nirwana puri samarinda.

Metodologi : jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Dimana peneliti menggunakan sampel sebanyak delapan informan. Untuk memperoleh informasi, peneliti menggunakan Observasi  danwawancara mendalam (Guidline Indepth Interview

Hasil : menyatakan bahwa persepsi informan terhadap stres sangat baik. Sikap orang terdekat juga sangat mempengaruhi terjadinya kejadian stres pada lansia dalam mengendalikan stres yang dialami. Dukungan sosial sangat dibutuhkan lansia dimana lansia merasa diperhatikan, dipamahi serta adanya orang lain yang mampu di percaya. Sehingga merasa bahwa mereka dihargai dan dicintai oleh orang lain. Karena adanya pengetahuan dan sikap tentang stres maka lansia pun mengikuti terapi dengan media shalawat untuk mengendalikan stres.

Manfaat : dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, Menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar, selama kuliah serta kemampuan mahasiswa dalam  menyelesaikan mata kuliah seminar kesehatan dan skripsi dan Penelitian ini diharapan dapat digunakan sebagai salah satu sumber referensi untuk acuan dan pedoman dalam melakukan penelitian kesehatan di tahun berikutnya. Manfaat bagi UPTD Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda dapat menjadikan penelitian ini sebagai salah satu cara pengendalian stres pada lansia di UPTD Panti tresna werdha nirwana puri samarinda.

Published
2020-01-13
Section
Kesehatan Masyarakat