Hubungan Keteraturan Makan Dengan Kejadian Gastritis Pada Kelompok Usia 20-45 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Bengkuring Kota Samarinda Tahun 2019

Authors

  • Indri Robiatul Adawiyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Suprayitno Suprayitno

Keywords:

Gastritis, Keteraturan Makan

Abstract

Tujuan studi: tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan keteraturan makan dengan kejadian gastritis pada kelompok usia 20-45 tahun di wilayah kerja Puskesmas Bengkuring Kota Samarinda tahun 2019.

Metodologi: Metode yang digunakan yaitu desain penelitian kuantitatif rancangan survei analitik dengan pendekatan c ross sectional. Teknik dalam pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebesar 63 responden dan instrumen yang digunakan yaitu kuesioner untuk mengetahui hubungan keteraturan makan dengan kejadian gastritis pada kelompok usia 20-45 tahun.

Hasil: terdapat hubungan yang signifikan antara keteraturan makan dengan kejadian gastritis pada kelompokusia 20-45 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Bengkuring Kota Samarinda.

Manfaat: Diharapkan dapat meningkatkan pola makan yang teratur pada masyarakat sehingga dapat mencegah terkena risiko penyakit gastritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)