Hubungan Perkembangan Sosial Terkait Pencapaian Emosional Pada Anak Usia 5-7 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Putih Kota Samarinda

  • Ayu Nadhilah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Lia Kurniasari
Keywords: perkembangan sosial, perkembangan emosional, 5-7 tahun

Abstract

Tujuan studi: Pertumbuhan dan perkembangan anak di pengaruhi oleh berbagai faktor  lingkungan dan perkembangan pada anak. Perkembangan sosial anak tergantung pada masing-masing individu anak, peran serta orang tua,lingkungan masyarakat, serta lingkungan taman kanak-kanak. Mempunyai kaitan yang erat anatara keterampilan bergaul dan masa bahagia kanak-kanak. Penerimaan lingkungan sosial dan dapat melakukan aktifitas sosial merupakan langkah utama untuk masa depan nya kelak. Perkembangan emosi meliputi rasa marah, kecewa, sedih, dan bahagia  tapi perkembangan emosional anak ditandai dengan adanya perasaan bangga, malu dan bersalah menunjukkan anak mampu mengendalikan perkembangan emisinya dengan sendiri. Perkembangan sosial emosional anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting bagi setiap anak usiadini karena sebagai penunjang untuk kehidupan di masa depannya.
Metodologi:
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian ini menggunakan random sampling menggunakan purposive sampling untuk menentukan jumlah responden yang dibutuhkan dan di dapatkan 130 responden.Menggunakan kuesioner yang diberikan kepada orang tua.Dari anak yang tidak tercapai perkembangan nya ada yang telah di konfirmasi bahwa anak sedang sakit sehingga saat observasi tidak maximal dan ada juga yang memang sakit dari awal sehingga hasilyang di dapatkan banyak yang tidak tercapai perkembangan emosional tersebut.
Hasil:
Dari penelilian ini didapatkan hasil bahwa adanya hubungan antara perkembangan sosial dengan pencapaian perkembangan emosional

Manfaat: Diharapkan agar orang tua terus mencari tahu tentang pentingnya perkembangan anak agar menambah wawasan agar tidak terpaku kepada hal yang itu-itu saja. Media informasi juga banyak seperti media sosial banyak menyajikan data tentang pentingnya tentang perkembangan anak terutama perkembangan non-fisik. Perlunya juga buku penghubung antara guru dan orang tua agar orang tua juga dapat mengetahui apa saja yang di lakukan anak sehingga orang tua juga dapat memantau perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat