Hubungan Riwayat Keluarga Diabetes Melitus dan Riwayat Hipertensi dengan Kejadian Diabetes Melitus di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Samarinda Tahun 2019

  • bella fradina universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • purwo setiyo nugroho
Keywords: Diabetes Melitus, Riwayat Keluarga, Hipertensi

Abstract

Tujuan Study: Diabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar guladarah yang menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata dan lainnya. Pada Tahun 2015 persentase penderita diabetes didunia pada orang dewasa sebesar 8,5%. Diperkirakan tahun 2040 jumlah akan naik menjadi 642 juta. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan riwayat keluarga diabetes melitus dan riwayat hipertensi dengan kejadian diabetes melitus di wilayah kerja puskesmas palaran kota samarinda.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Case Control dengan metode analisis menggunakan chi square. Teknik pengambilan sampel pada kelompok kasus menggunakan Total Sampling dan kelompok kasus menggunakan Proportional Random Sampling.

Hasil: Hasil analisis mendapatkan tidak ada hubungan antara riwayat keluarga (p value 0,211) Karena adanya faktor lain yang menyebabkan diabetes melitus dan terdapat hubungan antara riwayat hipertensi (p value 0,008; OR 3.214;CI 95%1.409-7.329) dengan kejadian diabetes mellitus hal ini karena hipertensi berpengaruh terhadap kejadian diabetes disebabkan adanya penebalan pembuluh darah arteri.

Kesimpulan: Dari kedua variabel yang diteliti hanya satu variabel yang terdapat hubungan dengan kejadian diabetes melitus. Bagi penderita diabetes melitus agar pola makanan sesuai dengan panduan makan penderita diabetes yang termasuk dalam 3J (Jumlah, Jenis dan Jam).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)