Hubungan Pemberian Asi Eksklusif dengan Angka Kejadian Balita Bawah Garis Merah (Bgm) di Wilayah Kerja PUSKESMAS Harapan Baru Kota Samarinda

Authors

  • muhammad faqihuddin ali universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Ratna Yuliawati

Keywords:

Asi Eksklusif, BGM, Angka Kejadian

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan ASI eksklusif dengan kejadian balita bawah garis merah di puskesmas harapan baru kota samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas harapan baru kota samarinda.

Metodologi:Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sample adalah purposive sampling. Sample penelitian adalah orang tua bayi di puskesmas harapan baru kota samarinda sebanyak 56 orang tua bayi.pengumpulan data melalui pengisian kuisioner oleh orang tua bayi.

Hasil:didapatkan hasil nilai p value 0,020 < 0,1 Sehingga ada hubungan antara pemberian ASI Eksklusif dengan angka kejadian balita bawah garis merah (BGM) di wilayah kerja Puskesmas Harapan Baru Kota Samarinda.

Manfaat: kita dapat mengetahui bahwa adanya hubungan pada pemberian Asi Ekslusif dengan angka kejadian balita bawah garis merah (BGM) sehingga dari pihak puskesmas dan instansi lainya dapat lebih memperhatikan agar bayi mendapatkan Asi Ekslusif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-09

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)