Hubungan Masa Kerja dengan Kelelahan Kerja pada Petugas Pemadam Kebakaran di Kota Samarinda Tahun 2019

  • Tiara Rizqi Widyanti Universitas Muhammdiyah Kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto
Keywords: masa kerja, kelelahan kerja, petugas pemadam kebakaran

Abstract

Tujuan Studi:Kelelahan kerja yaitu kondisi yang telah mulai dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Istilah kelelahan mengarah pada kondisi melelahkan tenaga untuk melakukan suatu kegiatan, adapun kelelahankerja diakibatkan karena kondisi yang menurun yaitu suatu kondisimelemah, kurangnya motivasi,dan kelelahanfisik akibatkerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan masa kerja dengan kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di Kota Samarinda Tahun 2019.

Metodologi: Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain Cross sectional yang akan dianalisis dengan menggunakanUji statistik korelasi spearman (rho).

Hasil: Uji statistik korelasi spearman (rho)yang diperoleh dengan nilai p-value sebesar 0,822, yang berarti tidak adanya hubungan antara masa kerja dengan kelelahan kerja pada petugas pemadam kebakaran di Kota Samarinda Tahun 2019.

Manfaat : Bagi petugas pemadam kebakaran dapat memperhatikan kesehatan agar terhindar dari gejala kelelahan yang berlebihan sehingga dapat berpengaruh pada produktivitas kerja yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)